Friday, August 9, 2013

LIMA PULAU PALING MISTERIUS

Pulau adalah sebidang tanah yang lebih kecil dari benua dan lebih besar dari karang yang dikelilingi perairan, baik lautan atau danau. Kumpulan beberapa pulau dinamakan  kepulauan. Konvensi PBB tentang hukum laut internasional pada tahun 1982 pasal 21 mendefinisikan pulau sebagai daratan yang terbentuk secara alami dan dikelilingi oleh air dan selalu di atas muka air pada saat pasang naik tertinggi. Dengan kata lain, sebuah pulau tidak boleh tenggelam pada saat air pasang naik.
Di luar definisi dan ketentuan, pulau merupakan tempat tinggal makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan. Bagi manusia, pulau atau daratan merupakan sebuah habitat utama karena tidak ada tempat selain daratan yang bisa dijadikan rumah atau tempat tinggal. Oleh karena itu, seiring dengan kemajuan teknologi, sejumlah negara kaya di timur tengah berhasil menciptakan sebuah kota di atas pulau buatan. Terlepas dari melenceng dari empat syarat tadi, daratan buatan tersebut tetap saja disebut pulau. Berikut kami merangkum 5 keberadaan pulau-pulau misterius yang ada di dunia:
1. Pulau Hantu Gunkajima, Jepang 
 
  
Gunkajima adalah sebuah pulau terpencil di lepas pantai perairan Jepang. Pulau ini juga merupakan salah satu yang tidak berpenghuni dari sekitar 505 pulau kosong lain di prefektur Nagasaki. Dengan kondisi seperti itu, Gunkajima pantas untuk dijadikan tempat wisata uji nyali. Bagi mereka yang memiliki keberanian tinggi dan senang pada hal-hal mistis, Gunkajima mungkin bisa menjadi pertimbangan tempat yang wajib dikunjungi. Pulau ini lokasinya sekitar 20 km dari Nagasaki. Pada awalnya, pulau ini merupakan tambang batu bara hingga tahun 1974. Sekitar 5000 penduduk pernah tinggal di pulau ini.
 Tepatnya pada April 1974, tambang resmi ditutup. Warganya pun diharuskan meninggalkan pulau dengan seluruh bangunan. Selama bertahun-tahun sejak itu kondis Gunkajima makin diperparah oleh serangan badai topan. Banyak bangunan yang hancur dan menjadikan pulau tersebut seperti rumah hantu. Karena banyak struktru bangunan yang roboh, Gunkajima tetap ditutup untuk umum dan hanya bisa dikihat dari kapal pesiar yang mengitari pulau.
Pada bulan April 2009, dermaga baru dibangun di pulua tersebut untuk memungkinkan perahu wisata merapat di Gunkajima. Peserta tur dibagi ke tiga dek observasi di bagian kecil ujung selatan dan menghabiskan sekitar 45 menit berada di pulau tersebut. Pengunjung tidak boleh terlalu dekat dengan bangunan karena dikhawatirkan roboh. Naik perahu dari Nagasaki ke Gunkajima sangat menyenangkan. Selain ombaknyayang bersahabat, pemangangannya pun cukup memesona.
2. Pulau Beracun Miyakejima, Jepang
 
Pulau ini tidak hanya kosong, tetapi juga berbahaya karena mengandung racun. Jika ingin datang atau wisata ke pulau Miyakejima ini, pengunjung diwajibkan menggunakan masker penutup mulut dan hidung untuk melindungi saluran pernapasan. Pulau ini merupakan bagian dari kepulauan Izu di Jepang. Pulau ini terletak 180 km sebelah selatan Ibu Kota Jepang, Tokyo.
Pulau Miyakejima ini adalah pulau gunung vulkanik yang pernah meletus pada beberapa ratus tahun silam. Sejak saat itu, bekas ledakan mengeluarkan gas berbahaya jika dihirup oleh manusia, yaitu sulfur dioksida. Meski berbahaya, tetapi ada sejumlah orang yang dibayar untuk tinggal di pulau ini dengan tujuan penelitian.
Dalam catatan sejarah, gunung ini sebenarnya telah berkali-kali meletus. Pulau ini kosong setelah warga yang pernah tinggal dievakusi besar-besaran. 

Pulau ini pertama kali dibuka untuk kegiatan wisata pada tahun 2005. Hanya saja, mereka yang datang ke tempat ini harus menggunakan masker. Saat ini, aktivis wisatawan yang bisa dilakukan di pulau Miyakejima adalah memancing, menyelam, dan berburu.
3. Pulau Boneka La Isla De La Munecas, Meksiko
 
Pulau ini bisa jadi merupakan yang paling menakutkan di antara pulau misterius yang ada di dunia. Jangankan untuk bermalam, wisata pada siang hari di pulau La Isla De La Munecas ini saja sudah seperti mimpi buruk. Bisa dibayangkan, bagaimana perasaan pengunjung saat menyaksikan ribuan boneka yang digantung di atas pepohonan. Tentunya sangat menyeramkan. Beberapa di antaranya bahkan ada yang sudah dimutilasi. Jadi, jangan pernah berpikiran punya keinginan untuk bermalam di pulau ini.
Pulau di Meksiko ini pertama kalo ditemukan oleh seorang yang bernama Don Julian Santana. Dia meninggalkan kehidupan dunia nyata untuk menyepi di pulau yang terletak di Selatan Meksiko ini. Dia kemudian mendedikasikan 50 tahun terakhir masa hidupnya untuk membuat pulau boneka atau La Isla De La Munecas. Awalnya, Julian Santana mengaku kerap didatangi hantu anak kecil yang konon tewas tenggelam di salah satu kanal pulau tersebut. Untuk menenangkan arwah anak kecil itu, ia kemudian menggantungkan boneka yang ditemukannya di setiap pohon pulau tersebut. Setelah berlangsung berapa lama, ribuan boneka tergantung di pulau tersebut hingga akhirnya dinamakan pulau boneka.
Pulau tersebut selama bertahun-tahun terlupakan karena sulitnya transportasi. Hingga akhirnya tahun 1990 sebuah program pemerintah Meksiko, yaitu membersihkan kanal, membuka gondola untuk bisa merapat di pulau tersebut. Julian ditemukan tewas pada 17 April 2001. Namun, pihak keluarga tetap menjaga pulau tersebut dengan memeroleh sumbangan dari para pengunjung. Di pulau ini tidak ada aluran listrik atau air. Sinyal telepon selulas pun tidak bisa menjangkau pulau ini yang letaknya sangat terpencil di pedalaman Xochimilco, kota Meksiko.
4. Pulau Hantu Pasien Gila Poveglia, Italia
 
Poveglia adalah sebuah pulau kecil yang berada di Laguna Venesia, Italia Utara. Sebuah kanal membagi dua pulau ini. Pulau Poveglia ini dikenal memiliki sejarah mengerikan. Menurut legenda, pada masa bangsa Roma berkuasa, pulau Poveglia digunakan untuk mengisolasi ribuan korban yang memiliki penyakit menular. Bahkan ada yang menyebutkan jika 160.000 korbang meninggal dunia di pulau Poveglia
Cerita mengerikan tentang pulau Poveglia tidak sampai di situ. Pada tahun 1922, pulau ini dibangun sebuah rumah sakit jiwa di mana pasien-pasiennya disiksa hingga tewas. Bukan hanya itu, ada juga yang menyebutkan jika seorang dokter rumah sakit jiwa tersebut meninggal dunia akibat bunuh diri setelah loncat dari atas menara. Sejak tahun 1968, rumah sakit jiwa tersebut ditutup dan pulau ini tidak boleh dikunjungi oleh masyarakat sipil. Selain karena larangan pemerintah, di pulau ini konon sering mucul hantu pasien-pasien rumah sakit jiwa tersebut.
Pulau Poveglia ini juga pernah digunakan Napoleon Bonaparte untuk menyimpan senjata selama perang. Dia menggunakan pulau ini karena alasan bahwa itu kecil dan tidak signifikan untuk kekaisaran Austria. Berlawanan dengan keyakinannya, ada pertempuran kecil di pulau ini. Entah bagaimana ceritanya, informasi pulau Poveglia sebagai tempat penyimpanan senjata bocor ke pihak Austria.
5. Pulau Lha De Queimada Penuh Ular, Brasil 
 
Dari jauh, pulau kecil ini sama seperti yang lainnya, memiliki pemandangan indah. Hanya saja, jangan pernah punya keinginan datang atau wisata ke tempat ini karena memang membahayakan keselamatan atau bahkan mengancam nyawa siapa saja yang berkunjung, karena pulau ini ditengarai dipenuhi berbagai jenis ular.
 
Salah satu ular yang banyak ditemui di pulau seluas 430.000 m2 ini adalah golden lancehead viper. Ular ini dikenal sebagai salah satu yang paling berbahaya dan berbisa di dunia. Satu gigitan ular ini bisa mengakibatkan korbannya meninggal dalam hitungan menit. Sama seperti serangan ular berbisa lainnya, gejala setelah digigit ular ini di antaranya demam tinggi, nyeri tulang, kejang-kejang, mulut berbusa, hingga meninggal.
 
Pulau yang terletak di lepas pantai Sao Paolo, Brasil ini sebenarnya sangat indah. Namun, ia kemudian dikabarkan tewas digigit ular saat sedang mengambil pasokan makanan ke pantai. Sejak saat itu, pulau ini tidak boleh dikunjungi oleh siapapun, kecuali tentara atau ilmuwan yang menggunakan baju pelindung khusus. 
 
Sumber: UnikGaul.com

No comments:

Post a Comment