Sunday, April 1, 2012

MUKZIZAT AL QURAN


LETAK KERAJAAN SABA DI AL QURAN


Hubungan surat ke-34 (Surah Saba) di Al Quran dan letak Kerajaan Saba
Ada sesuatu yang menjadi perhatian kita berkenaan dengan surah ke-34 di Al Quran. Nampaknya angka 34 hanyalah sebuah urutan surah yaitu surah Saba, tetapi bila dicermati dari segi ilmu ukur sudut, akan terlihat bahwa nomor urut dari surah Saba memberi suatu pesan bahwa angka ini menunjukan letak kerajaan di masa lampau yang disebut sebagai Kerajaan Saba sesuai dengan nama surah itu. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Lihat penjelasan selanjutnya.
Diketahui :
Nomor urut surah Saba = 34
Garis sumbu y = garis yang menghubungkan mekah-medinah
Selanjutnya buatlah garis yang menghubungkan kota Mekah dan kota Madina yang merupakan garis sumbu y, selanjutnya buat garis imajiner dari titik Mekah kearah selatan. Kemudian buat garis yang membentuk sudut sebesar 340 dengan titik sudutnya berada di Mekah, maka hasilnya seperti terlihat gambar di bawah ini.
Terlihat bahwa garis S adalah garis yang menunjukan ke arah suatu wilayah di semenanjung jazirah Arabia yang sekarang adalah negeri Yaman. Pada masa pra Islam di wilayah ini pernah berdiri Kerajaan Saba. Lebih jelas lagi lihat peta di bawah ini.
Catatan :
Keberadaan tentang kerajaan Saba terekam dalam Al Quran diantaranya pertemuan Ratu Balqis dari kerajaan Saba denga Raja Sulaiman penguasa kerajaan Israil, kisah ini termuat di surah An Naml. Selain itu di surah Saba ayat 16 yang menginformasikan tentang banjir di kerajaan Saba akibat hancurnya bendungan Ma’rib, kejadian itu terjadi sekitar abad ke-5 Masehi. ( )

No comments:

Post a Comment