Thursday, September 13, 2012

Mujahid bin Jabr



Beliau adalah Mujahid bin Jabr Al Makki (Abu Al Hajjaj Al Makhzumi) Al  Muqri'. Beliau lahir pada tahun 21 Hijriyah pada masa kekhalifahan 'Umar bin Khotthob. Beliau merupakan orang yang dipercaya. Salah seorang imamnya para tabi'in dan syaikhnya para qurro' dan ahli tafsir. Beliau juga merupakan sahabat terdekat Ibnu 'Abbas dan orang yang paling tahu akan tafsir pada zamannya.
Muhammad bin 'Ubaid berkata, dari Sufyan Ats Tsauri, ia berkata, "Mujahid adalah mantan budak Bani Zuhroh."

Ahmad bin Hanbal berkata, "Mujahid adalah mantan budak 'Abdulloh bin As Sa'ib." Ini juga merupakan pendapat Imam Bukhori dan Imam Muslim.
Al Hamidi dan yang lainnya mengatakan, "Mujahid adalah mantan budak Qois bin As Sa'ib."

Para Guru Beliau antara lain :
'Ali bin Abu Thalib, Sa'ad bin Abi Waqash, 'Ubadalah yang empat ('Abdulloh bin 'Umar, 'Abdulloh bin Mas'ud, 'Abdulloh bin 'Abbas, 'Abdulloh bin 'Amru bin Al 'Ash), Rofi' bin Hudaij, Abu Sa'id Al Khudri, 'Aisyah binti Abu Bakr, Juwairiyah binti Al Harits, Ummu Hani' binti Abi Tholib, Ummu Salamah, Abu Huroiroh, Suroqoh bin Malik, Abdulloh bin As Sa'ib Al Makhzumi, dan masih banyak lagi.

Para Murid Beliau antara lain :
'Atho' bin Abi Robbah, 'Ikrimah, 'Amru bin Dinar, Qotadah, Sulaiman Al Ahwal, Sulaiman Al A'masy, Salamah bin Kuhail, Abban bin Sholih, Abdulloh bin Katsir al Qori', dan lain sebagainya.

Kepribadian Beliau :
Ibnu Sa'ad berkata, "Beliau adalah orang yang tsiqqoh, faqih, 'alim, dan juga banyak meriwayatkan hadits."
Ibnu Hibban berkata, "Beliau adalah orang yang faqih, wara', rajin beribadah, dan dipercaya."
Al 'Ijli berkata, "Beliau adalah seorang tabi'in Makkah yang tsiqqoh."
Abu Ja'far Ath Thobari berkata, "Beliau seorang qori' yang 'Alim."

Sanjungan  Para 'Ulama' Terhadap Beliau :
Qotadah berkata, "Orang terakhir yang paling tahu akan halal dan haram adalah Az Zuhri, dan orang yang terakhir yang paling tahu akan tafsir adalah Mujahid."
Sufyan Ats Tsauri berkata, " Ambillah tafsir dari empat orang : Mujahid, Sa'id bin Jubair, 'Ikrimah dan Adl Dlohak."
Ibnu Taimiyyah berkata, "Oleh karena itu Asy Syafi'i dan Bukhori serta banyak lagi yang lainnya yang mengandalkan tafsir beliau."
Ats Tsauri berkata, "Jika datang kepadamu tafsir dari Mujahid, maka cukuplah itu bagimu."[1]
Ats Tsauri berkata, dari Salamah bin Kuhail berkata, " Aku tidak pernah melihat orang yang dengan ilmunya menginginkan wajah Alloh kecuali tiga orang : 'Atho', Thowus dan Mujahid."
Diriwayatkan dari Al A'masy, ia berkata, "Mujahid seperti seorang kuli yang apabila beliau berbicara seakan-akan dari mulut beliau keluar mutiara."
Ibnu Juraij berkata, "Seandainya aku mendengarkan (belajar) dari Mujahid, aku akan berkata, 'aku mendengar (belajar) dari Mujahid lebih aku sukai dari pada keluarga dan hartaku."

Kedudukan Beliau dalam Tafsir :
Mujahid adalah orang yang paling sedikit meriwayatkan di antara para sahabat Ibnu 'Abbas dalam hal tafsir.[2] Dan beliau adalah orang yang paling tsiqqoh di antara mereka. Maka banyak pula dari para ulama' yang mengandalkan tafsir beliau, diantaranya Imam Asy Syafi'i dan Imam Bukhori. Sehingga banyak kita dapati dalam kitab Al Jami' Ash Shohih-nya dalam bab tafsir, tafsir-tafsir dari Mujahid. Dan hal ini menunjukkan akan pengakuan Imam Bukhori atas ketsiqohan dan keadilan serta kepahaman beliau atas al Qur'an.
Al A'masy berkata, Mujahid berkata, "Jika aku membacakan bacaan kepada Ibnu Mas'ud, maka aku tidak perlu bertanya kepada Ibnu 'Abbas tentang banyak dari al qur'an yang telah aku tanyakan."
Al Fadhl bin Maimun telah meriwayatkan, bahwa ia telah mendengar Mujahid berkata, "Aku telah menuntut ilmu al qur'an dari Ibnu 'Abbas sebanyak 30 kali."[3] Juga diriwayatkan dari beliau bahwa beliau berkata, "Aku telah menuntut ilmu al qur'an dari Ibnu 'Abbas sebanyak tiga kali, lalu aku berhenti pada setiap ayatnya dan menanyakannya tentang apa/atas apa ayat tersebut turun dan bagaimana hal itu terjadi."[4]
Adapun mengenai kedua riwayat ini adalah tidaklah bertentangan. Alasannya, pemberitaan atas yang sedikit tidak menafikan (menghapus) pemberitaan atas yang banyak. Mungkin saja beliau belajar al qur'an dari Ibnu 'Abbas sebanyak 30 kali untuk kesempurnaan hafalan beliau dan memperdalam tajwid serta memperbaikinya. Lalu setelah itu beliau belajar kepadanya sebanyak tiga kali untuk belajar tafsirnya dan mengetahui kedalaman ilmu dan maknanya yang tersembunyi. Sebagaimana yang terdapat dalam berbagai riwayat.
Dari Abu Mulaikah ia berkata, "Aku melihat Mujahid bertanya kepada Ibnu 'Abbas tentang tafsir al qur'an sedangkan beliau membawa catatan beliau. Maka Ibnu 'Abbas berkata kepada beliau, "Tulislah!!" Sehingga beliau menanyakan kepadanya tentang tafsir keseluruhannya."[5]
'Abdus Salam bin Harb meriwayatkan dari Mus'ab ia berkata, "Orang yang paling mengetahui tentang tafsir adalah Mujahid, sedangkan tentang haji adalah 'Atho'."
Qotadah berkata, "Orang yang tahu akan tafsir adalah Mujahid."
Ibnu Sa'ad juga mengatakan, "Beliau merupakan orang yang tsiqqoh, fakih, 'alim dan banyak meriwayatkan hadits."
Ibnu Hibban juga mengatakan, "Beliau adalah orang yang fakih, waro', ahli ibadah dan bertakwa."
Ibnu Jarir meriwayatkan dalam tafsirnya dari Abu Bakr al Hanafi, ia berkata, "Aku mendengar Sufyan Ats Tsauri berkata, "Jika datang kepadamu tafsir dari Mujahid, maka cukuplah itu bagimu."[6]
Beliau Rahimahulloh juga merupakan orang yang hafalannya bagus, sebagaimana beliau mengatakan tentang diri beliau sendiri : "Ibnu 'Umar berkata kepadaku, "Aku suka kalau kalau Nafi' (budaknya) menghafalkan hafalanmu."[7]
Beliau juga pernah berkata, "Ibnu 'Umar memegang kendaraanku dan berkata, "Aku suka kalau anakku Salim dan budakku Nafi' mereka berdua menghafalkan hafalanmu."
Imam Adz Dzahabi mengatakan dalam Mizan-nya pada akhir biogafi Mujahid, "Manusia telah bersepakat untuk menjadikan Mujahid sebagai panutan dan berhujjah dengannya." Para penulis Kutubus Sittah juga telah meriwayatkan dari beliau.
Semua ini adalah pengakuan dari para ulama kritis yang mengakui akan ketinggian kedudukan beliau dalam hal tafsir.
Akan tetapi disamping ini semuanya, ada beberapa ulama yang tidak mengambil tafsir beliau. Adz Dzahabi telah meriwayatkan dalam Mizan-nya, bahwasannya Abu Bakr bin 'Iyasy berkata, "Aku berkata kepada Al A'masy, "Apa sebabnya kenapa tafsirnya Mujahid bertentangan? Atau apa alasannya kenapa mereka takut untuk mengambil tafsirnya Mujahid?" -sebagaimana hal ini juga diriwayatkan Ibnu Sa'ad- Ia berkata, "Mereka berpendapat bahwa Mujahid bertanya dari para ahli kitab." Inilah semua yang dapat dimbil dari tafsir beliau, dimana kita tidak melihat seorang pun yang mendapati cacat pada kejujuran dan keadilan beliau.
Kesimpulannya adalah bahwasannya Mujahid merupakan orang yang tsiqqoh tanpa ada yang menentangnya. Kalaupun perkataan yang mengatakan bahwa beliau itu bertanya kepada ahli kitab itu benar, maka aku (penulis) mengira bahwasannya beliau tidak akan melampaui batas, apalagi beliau merupakan salah seorang murid dari Tintanya Umat Ini yaitu Ibnu 'Abbas. Yang sangat menentang kepada orang yang mengambil ilmu dari ahli kitab dan membenarkan mereka atas apa yang mereka katakan kepadanya yang termasuk dari batas-batas larangan yang bersumber dari Rasululloh Shollallohu 'Alaihi wa Sallam.

Mujahid dan Tafsir 'Aqli Beliau :
Mujahid telah memberi kebebasan yang luas atas akal beliau dalam memahami sebagian nash-nash al qur'an yang tampaknya sangat jauh sekali kenyataannya. Maka pada setiap apabila ada nash dari al qur'an pada hal ini, kita akan mendapati beliau dengan jelas dan lugas mengungkapkannya dengan perumpamaan ataupun permisalan. Dan cara ini nantinya merupakan permulaan yang dikenal dan ditetapkan oleh golongan Mu'tazilah dalam menafsirkan ayat al qur'an dengan beralasan atas dalil ini.
Dan jika kita kembali pada tafsir Ibnu Jarir, dan kita baca sebagian dari apa yang yang datang dari Mujahid, kita akan mendapatinya memakai permulaan ini secara nyata pada banyak judulnya.
Misalnya pada tafsir beliau pada QS. Al Baqoroh : 65
‰s)s9ur ãLäê÷HÍ>tã tûïÏ%©!$# (#÷ry‰tFôã$# öNä3YÏB ’Îû ÏMö6¡¡9$# $oYù=à)sù öNßgs9 (#qçRqä. ¸oyŠt�Ï% tûüÏ«Å¡»yz ÇÏÎÈ
Dan Sesungguhnya Telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar diantaramu pada hari Sabtu[8], lalu kami berfirman kepada mereka: "Jadilah kamu kera[9] yang hina".

Kita akan mendapati beliau mengatakan –sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir-, "Yang diubah adalah hatinya dan bukan diubah rupanya menjadi kera, sebagaimana Alloh juga memberikan permisalan mereka adalah seperti keledai yang membawa kitab yang besar." Akan tetapi kita akan mendapati Ibnu Jarir tidak menyetujui bahwa tafsir ini merupakan dari Mujahid, sebagai bentuk penentanganmya, beliau mengatakan, "Perkataan yang dikatakan oleh Mujahid ini merupakan perkataan yang bertentangan atas apa yang ditunjukkan oleh al qur'an…" kemudian beliau menguraikan perkataan ini dengan dalil yang jelas dan kuat.
Kemudian kita akan dapati juga Ibnu Jarir meriwayatkan dari Mujahid bahwasannya beliau dalam menafsirkan QS. Al Qiyamah : 22 dan 23
×nqã_ãr 7‹Í´tBöqtƒ îouŽÅÑ$¯R ÇËËÈ 4’n
Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Kepada Tuhan-merekalah, mereka melihat.

Dengan perkataan beliau, "Yaitu menunggu balasan pahala dari Robbnya, dan tidak ada satupun dari makhluk-Nya yang melihat-Nya."[10] Dan tafsir dari Mujahid ini nantinya akan menjadi pedoman yang kuat bagi golongan Mu'tazilah atas pendapat mereka dalam permasalahan melihat Alloh.
Dan semoga saja permisalan dari Mujahid ini yang menjadikan sebagian daripada kaum Mutawarri'in yang dimana mereka mempersempit perkataan dalam al qur'an menurut pendapat mereka sehingga mereka menghindari dari mengambil tafsir beliau, dan mereka juga menghina beliau atas perkataan beliau seperti kebebasan yang luas ini dalam berpendapat. Telah diriwayatkan dari puteranya Mujahid, bahwasannya ia berkata, "Seorang laki-laki berkata kepada ayahku, "Apakah engkau yang menafsirkan al qur'an dengan ro'yun-mu?" Maka ayahku menangis lalu berkata, "Jadi aku sungguh telah berani? Sungguh aku telah membawakan tafsir dari belasan para sahabat Rasululloh Shollallohu 'Alaihi wa Sallam Rodliyallohu 'Anhum."
Bagaimanapun juga, Mujahid tetap sebagai seorang imam dalam hal tafsir tanpa ada petentangan, dan atas kebebasan diri beliau seperti ini, tidak akan mengurangi kedudukan beliau ataupun merendahkan martabat beliau.[11]

Mutiara-Mutiara Perkataan Beliau :
Yahya bin Sulaim berkatan Abdul Wahhab bin Mujahid berkata, "Ketika aku berada di sisi ayahku, puteranya Ya'kub berkata, "Wahai ayahku, sesungguhnya kami mempunyai teman yang meyakini bahwa iman penduduk langit dan penduduk bumi adalah sama." Maka beliau berkata, "Wahai anakku, mereka semua bukanlah temanku, Alloh tidak akan menjadikan orang yang berkecimpung dalam dosa seperti orang yang tidak mempunyai dosa."
Imam Bukhori meriwayatkan dari Mujahid, ia berkata,
((لا ينال العلم المستحي و المستكبر))
"Tidak akan mendapatkan ilmu orang yang pemalu dan orang yang sombong."
Manshur berkata, dari Mujahid, ia berkata, "Janganlah kalian memujiku di hadapan semua makhluk!"
Al 'Ajlah meriwayatkan dari Mujahid ia berkata, "Ketika kami mencari ilmu ini (tafsir), kami tidak mempunyai niat yang (sungguh-sungguh). Kemudian Alloh memberikan kami rizki berupa niat pada waktu yang lainnya."
Dari Hubaib bin Sholih, ia mendengar Mujahid berkata, "Al qur'an telah mengisi (menghabiskan) ilmuku."
Seorang mendengar Mujahid berkata, "Aku telah berteman dengan Ibnu 'Umar dan aku ingin melayaninya, tetapi ia malah melayaniku."[12]
Abdulloh bin Mubarok meriwayatkan dari Laits, dari Mujahid, ia berkata, "Orang yang mati pasti akan dikumpulkan dengan teman-temannya ketika di dunia. Jika ia dari golongan orang yang ahli dzikir, maka ia akan dikumpulkan pula dengan golongan ahli dzikir. Jika ia dari golongan orang yang lalai, maka ia akan dikumpulkan dengan golongan orang yang lalai pula."

Imam Ahmad meriwayatkan dari Mujahid, ia berkata,
((قال إبليس : إن يعجزني ابن آدم فلن يعجوني من ثلاث خصال : أخذ مال بغير حق، و إنفاقه في غير حقه))
"Iblis menyatakan, jika anak adam bias melemahkanku, maka ia tidak akan melemahkanku dalam tiga hal : mengambil harta yang bukan haknya dan menginfakkannya kepada yang bukan berhak."
Dari Laits dari Mujahid, ia berkata,
((من أكرم نفسه و أعزها أذل دينه و من أذل نفسه أعز دينه))
"Barangsiapa yang memuliakan dirinya dan memujinya maka rendahlah diin-nya. Dan barangsiapa yang merendahkan dirinya maka ia telah memuliakan diin-nya."
Mujahid juga pernah mengatakan, "Ibnu 'Abbas berkata, 'Janganlah kalian tidur kecuali dalam keadaan wudlu! Maka sesungguhnya ruh-ruh itu dibangkitkan dalam keadaan apa sebelumnya."

Wafat Beliau :
Muhammad bin 'Umar al Waqidi meriwayatkan dari Ibnu Juraij ia berkata : "Umur Mujahid mencapai 83 tahun."[13]
Yahya al Qoththon berkata, "Beliau wafat pada tahun 104 Hijriyah." Lebih beberapa bulan di Makkah dalam keadaan sujud.
            Ada yang mengatakan bahwa beliau wafat pada tahun 100/101/102/103/104.

Maroji' :
1. Al Bidaayah wan Nihaayah Ibnu Katsir Maktabah Ash Shoffa Kairo, Mesir Juz 9 Th. 2003 M/1423 H.
2. At Tafsiir wal Mufassiruun Dr. Muhammad Hayyan Adz Dzahabi Juz 1 Darul Kutubul Hadits Irak Th. 1986 M/1396 H.
3. Mabaahits Fii 'Uluumil Qur'aan Manna' Al Qoththon Al Hidayah Surabaya Th. 1973 M/1393 H.
4. Siyarul A'laam An Nubalaa' Imam Adz Dzahabi Juz 5 Darul Fikr Beirut, Libanon Th. 1997 M/1417 H.
5. Tadriibur Roowi fii Syarhi Taqriibin Nabawi Jalaluddin As Suyuthi Juz 2 Daruth Thoyyibah Riyadh Th. 1422 H.
6. Tahdziibut Tahdziib Ibnu Hajar Al 'Asqolani Yayasan Ar Risalah Beirut, Libanon Th. 2001 M/1421 H.
7. Taariikhuts Tsiqqoot Imam Hafidz Ahmad bin 'Abdulloh bin Sholih Abul Hasan Al 'Ajali Darul Maktabah Ilmiyah Beirut, Libanon Th. 1984 M/1405 H.
8. Taariikh At Tasyrii' Al Islaami Manna' Al Qoththon Maktabah Wahbah Kairo Mesir Th. 2001 M/1422 H.

[1] Perkataan ini bukan berarti kita harus mengambil semua yang disandarkan pada beliau. Maka sebenarnya Mujahid adalah seperti perowi yang lainnya yang orang lain meriwayatkan darinya, dan bisa jadi yang diriwayatkan dari beliau berupa hadits dlo'if yang tidak bisa dipegang -teguh, maka seharusnya kita menghindarinya sehingga ada ketetapan sanad yang jelas dan selamat, maksudnya yang diriwayatkan oleh beliau dari Ibnu 'Abbas.
[2] Fajrul Islaam, hal. 251.
[3] Mizaanul I'tidaal Juz 3, hal. 9.
[4] Tahdziibut Tahdziib Juz 10, hal. 42.
[5] Muqodimah Ibu Taimiyah dalam Ushuulut Tafsiir, hal. 28.
[6] Tafsiir Ibnu Jariir Juz 1, hal.30.
[7] Mizaanul I'tidaal Juz 3, hal. 9.
[8] Hari Sabtu ialah hari yang khusus untuk beribadat bagi orang-orang Yahudi.
[9] Sebagian ahli tafsir memandang bahwa Ini sebagai suatu perumpamaan , artinya hati mereka menyerupai hati kera, Karena sama-sama tidak menerima nasehat dan peringatan. pendapat Jumhur mufassir ialah mereka betul-betul beubah menjadi kera, Hanya tidak beranak, tidak makan dan minum, dan hidup tidak lebih dari tiga hari.
[10] Tafsiir Ath Thobari Juz 29, hal. 120.
[11] Lihat Biografi Mujahid dalam Tahdziibut Tahdziib Juz 10, hal. 42-44.
[12] Hilyatul Auliyaa' Juz 3, hal. 285-286.
[13] Thobaqoot Ibnu Sa'ad Juz 6, hal. 20.

Sumber: Luqman Al Hakim

No comments:

Post a Comment