Sunday, April 1, 2012

MUKZIZAT AL QURAN


MENGANALISA TAHUN KELAHIRAN NABI ISA




Nabi ISA (YESUS) dilahirkan pada zaman kerajaan Romawi berkuasa di tanah Palestina. Melalui rahim Siti Maryam, Nabi Isa dilahirkan dengan kekuasaan Allah, yaitu lahir tanpa proses biologis (hasil perkawinan) seperti manusia biasanya.
Berbagai kalangan ilmuwan kristen berpendapat bahwa kelahiran ISA (Yesus) bukan pada tanggal 25 desember, tak ada yang tahu tepatnya kapan ISA itu lahir . Dan mengenai tahun berapa ISA lahir ? sebagian sarjana kristen memperkirakan sekitar tahun 4 – 5M, bahkan ada yang mengatakan tahun 7 M adalah tahun kelahiran ISA , saat itu adalah masa kekuasaan Raja Herodes di Palestina.
Untuk mengetahui lebih jelas cerita seputar kapan Nabi ISA itu lahir bisa dilihat pada situs dibawah ini.
Analisa kelahiran Nabi Isa di Surah Al Maidah ayat 72
Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang tahun kejadian dari Nabi Muhammad di surah Al Imran ayat 144. Penulis sangat tertarik dengan angka 144, karena selain dapat menganalisa tahun kelahiran Nabi Muhammad, angka 144 dapat juga menganalisa tahun kelahiran dari Nabi Musa yang teradapat pada surah Al Araf ayat 144. Untuk pembahasan kelahiran Nabi Isa diambil angka 72 yang merupakan hasil pembagian 144 : 2=72. Angka 72 berkaitan juga dengan kelahiran Nabi Ishak yaitu di surah Huud ayat 72. Ada juga di surah Yusuf ayat 72 yang menceritakan kedatangan saudara kandung Nabi Yusuf di Mesir. Angka 72 dapat juga dihubungkan dengan surah Shaad ayat 72 yang mengisahkan tentang penciptaan Nabi Adam.
Sekarang kita simak surah Al Maidah ayat 72 yang berbunyi :
“ Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata : “ Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putra Maryam”, padahal Al Masih (sendiri) berkata: “ Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu”. Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepada surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun”.
Analisa
Data Numerik dari QS 5 : 72 sebagai berikut :
• Surah Al Maidah = 5
• Ayat ke = 72
• Juz ke = 6
Maka perhitungannya sebagai berikut:
Xthn(1) = √(6 x 5) – √72 – (6-5)
= √ 30 – √72 – 1
= – 4   (tahun 4 SM adalah kelahiran Nabi Isa)
Tahun selasai berdakwah dari Nabi Isa , dapat dihitung ;
Xthn(2)= (72/6) 2 x 1/5
= 122 x 1/5
= 144/5 ≈ 29
angka 29 menandakan tahun 29 M, Nabi Isa selesai berdakwah
Jadi usia Nabi Isa sampai selesai berdakwah adalah
Xthn= Xthn(2) – Xthn(1)
=29 – (- 4 ) = 33 tahun
Dari hasil perhitungan pada Surah Al Maidah ayat 72, maka Kelahiran Nabi Isa jatuh pada tahun 4 Sebelum Masehi dan Nabi Isa selesai berdakwah pada tahun 29 Masehi.
Penulis tidak dapat memastikan tepatnya tanggal berapa Nabi Isa itu lahir dan lokasinya dimana. Namun diperkirakan bahwa Nabi Isa lahir pada saat musim buah kurma, kemungkinan antara bulan Agustus-September. Musim panen buah Kurma di Timur Tengah jatuh pada bulan tersebut. Dan tempat kelahirannya, Al quran hanya menginformasi di tempat jauh sebelah timur dan ada sungai kecil yang mengalir. Lebih jelas lagi lihat ayat dibawah ini
Surah 19:16.
Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al Qur’an, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur,
Surah 19: 22-26
Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh.
Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, ia berkata: Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti, lagi dilupakan”.
Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu.
Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.
Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang Manusia pun pada hari ini”.
Nabi Isa lahir di Yericho?
Dari penjelasan beberapa ayat  diatas, penulis berpendapat bahwa  Siti Maryam menetap di Yerusalem bersama Nabi Zakaria, dan ketia ia hamil berada di suatu tempat arah timur yerusalem yaitu di kota Yericho . Dalam kitab  injil perjanjian lama kota Yericho dikenal sebagai “Kota Pohon Korma” , karena saat itu wilayah ini memiliki perkebunan pohon kurma yang sangat luas, kota ini  juga dikenal sebagai daerah yang subur dan memiliki banyak mata air.Dugaan sementara  bahwa  Nabi isa dilahirkan di kota Yericho. Dibawah ini diperlihatkan peta letak kota yericho yang terletak sebelah timur Yerusalem. ( )

No comments:

Post a Comment