Sunday, March 25, 2012

AL WAQIAH


Fadhilah Surat Al Waqiah

 

Surat al-Waqi’ah adalah surat yang ke-56 di dalam Al-Qur’an, terdiri atas 96 ayat, termasuk golongan surat Makkiyyah dan diturunkan sesudah surat Thaa Haa. Dinamai al-Waqi’ah (hari kiamat) diambil dari perkataan “al-Waqi’ah” yang terdapat pada ayat pertama surat ini.



* Pokok-pokok isinya

a. Keimanan

•    Huru hara diwaktu terjadinya hari kiamat, manusia pada waktu berhisab terbagi 3 (tiga) golongan, yaitu : golongan yang bersegera menjalankan kebaikan, golongan kanan dan golongan yang celaka. Serta balasan yang diperoleh oleh masing-masing golongan.

•    Bantahan Allah terhadap keingkaran orang-orang yang mengingkari adanya Allah, hari berbangkit dan adanya hisab.

•    Al-Qur’an berasal dari Lauhul Mahfudh

b. Hal lain

Gambaran tentang surga dan neraka

* Fadhilah surat Al-Waqi’ah


Diantara keutamaan membaca surat al-Waqi’ah adalah :

1.    Jika dibaca setiap malam sebagai wirid, maka tidak akan ditimpakan kepapaan. Nabi bersabda :

“ Siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, maka tidak akan menimpa kepadanya kepapaan. Dan surat al-Waqi’ah adalah surat kaya, maka bacalah dan ajarkan kepada anak-anak kamu “.

2.    Berkata Masruq : “siapa ingin mengetahui cerita orang-orang terdahulu dan orang-orang kemudian, serta cerita ahli surga dan ahli neraka, penduduk dunia dan akhirat, maka bacalah surat Al-Waqi’ah. (Tafsir Jamal, Juz IV halaman 269)

3.    Imam Ja’far RA berkata : “siapa membaca surat Al-Waqi’ah pada waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja, atau untuk mencari kebutuhan. Maka Allah Ta’ala mempermudah rezkinya dan mendatangkan hajatnya. Dan siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah di waktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan atau kehausan, dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan kefitnahan itu kembali kepada orang yang memfitnah itu.” (Khazinatul Asrar Kubra, Hal. 360).

4.    Disebutkan dalam Khawashul Qur’an, siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebanyak 41 kali dalam satu majlis, maka didatangkan hajatnya, terutama urusan rezeki. Dan siapa membaca surat Al-Waqi’ah sesudah shalat Ashar sebanyak 14 kali dalam satu majlis, maka didatangkan hajatnya terutama urusan rezeki. Aturan tersebut adalah mujarab. Jika menginginkan datangnya rezeki dari Allah dengan tak terkira-kira datangnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah selama 40 hari berturut-turut jangan terputus, dan setiap harinya dibaca 40 kali.

5.    Dengan mewiridkan surat Al-Waqi’ah sebagai bacaan rutin setiap hari dan malamnya, maka Allah menjauhkan kefakiran selamanya. Sa’ad Al Mufti mengatakan bahwa hadits ini shahih. Artinya : “Siapa (membiasakan) membaca surat Al-Waqi’ah, maka ia tidak akan kefakiran selamanya.”

Sahabat, begitu banyaknya keutamaan-keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat-Nya bagi siapa yang rajin membaca ayat-ayat Al-Qur’an, namun masih banyak diantara kita yang masih enggan menyempatkan diri untuk menyapa dan membaca ayat-ayat Allah. (Tetapi untuk membaca Koran dan Novel ayat-ayat Cinta kita masih sempet-sempetin).

Alangkah baiknya, sebelum kita memulai aktifitas kita sehari-hari (khususnya dalam mencari rezeki dari Allah), kita awali hari-hari kita dengan niat baik dan kita mulai dengan menyebut dan ingat kepada allah (dengan membaca ayat-ayat Allah).

Islami Azmam



No comments:

Post a Comment